14 Januari 2009

Apa sih Qunut itu?

بسم الله الرمن الرحيم

Apa sih Qunut Itu?
Pembaca yang selalu haus untuk mencari ilmu Allah,sering kita mendengar kata2” gimana sih kok sholat subuhnya Nga Qunut?kan Nga Afdhol?....
Ada juga yang mengatakan Ngapain Qunut segala Kan Rasulullah tak pernah ngajarkan itu,itukan Bid’ah,Bida’h itu Dholala dan Dholal itu menyebabkan Masuk Neraka ( lah serem Amat yak..).
Kalau kamu masuk katagori orang yang Ngomong apa?...(dijawab dengan jujur tanpa bersuara yah)
Kita kembali lagi Ketujuan kita Hidup,Kita hidup itukan hanya untuk Ibadah,yah ibadah dalam Artian Pengabdian terhadap Allah,banyak macam Ibadah.salah satunya adalah kita Sholat.Tujuan Kita Ibadah untuk apa?Untuk mengabdi. dalam Pengabdian itu Allah Memberikan Syarat2 Tersendiri.Ada dua Syarat untuk Diterimanya Amal Ibadah Kita( pengabdian kita)
1. Ikhlas
2. Ittiba( mengikut Contoh Rasulullah ).
Jika salah satu syarat ini tidak dilakukan Pasti ibadah kita akan ketolak,untuk melamar pekerjaan atau masuk kuliah pasti ada syarat 2 yang harus kita tunaikan, jika mau diterima.iyakan?
Terus apa dong Kaitanan dengan Qunut?
Maksudnya Qunut yang Dikerjakan Rasulullah itu seperti apa sih?
Sebenarnya Qunut itu adalah Bentuk Masdar yang mempunyai arti Tunduk,,,bisa juga difahami Berdoa dengan pengharapan sehinggah kitapun bisa Sampai tunduk saking berharapnya.
Terus Apa Hukumnya Qunut?
Sebenarnya qunut itu hukumnya Sunnah saja,karena Nabi tidak perintah hanya kerjakan ,dan juga ada tinggalkan.
Terus diSholat apa saja Rasulullah qunut?
Ini dia Sholat Beliau yang tergambar di hadis Shohih dari Abu Dawud.

قال ابن عباس : قنت رسول الله ص. شهرا متتابعا في الظهر و العصر و المغرب و العشاء و الصبح في دبر كل صلاة إذا قال سمع الله لمن حمده من الركعة الأخرة يدعو عليهم على حي من بني سليم على رعل و ذكوان و عصية و يؤمن من خلفه.
Telah berkata ibnu Abbas: Rasulullah pernah melakukan Qunut Sebulan berturut turut,di Dzuhur,asar,Magrib, Isya dan Subuh diakhir tiap sholatnya,sesudahBeliau berkata Sami”allahuliman hamidahu,di raka’at terakhir ,dan dia mendoakan kecelakaan Ri’il dzakwan Ushoiyah ( mereka adalah propogandis yang telah Membunuh Sahabat) dari kaum bani Sulaim. dan makmum yang dibelakang mengaminkanya.( abu dawud )
Kalau kita Fahami dari hadis Sohih ini Kita Qunutnya di Sholat 5 Waktu,dan Qunutnya itu Dimasa Untuk mendoakan kecelakan BAgi suatu kaum Yang telah Mendzolimi Orang2 Islam.Kalau untuk Zaman Sekarang kita bisa menganalogikan Dengan Israel Yang telah banyak Membantai Dan Memerangi Saudara kita difalestin.
Ada juga dalilnya ni dia ..

فال ابو هريرة: ان النبي ص . كان إذا اراد أن يدعو على أحد أو يدعو لأحد قنت بعد الركوع ( البخاري)
Telah berkata Abu hurairoh: Sesungguhnya nabi jika ingin mendoakan kecelakaan atas seseorang atau kebaikan bagi Seseorang ia qunut Sesudah Ruku’.( Bukhori).
Dah jelas Banget hadis ini bahwa qunut itu dilakukan untuk mendoakan kejelekan dan Kebaikan suatu kaum,dan hati2 loh kalau dalam bahasa arab doa untuk kebaikan dan Keburukan Itu beda TIpis,Kalau yad’u ‘ala (mendoakan atas Kebinasaan ).kalau Yad’u Lii((mendoakan atas kebaikan ).bedanya dikitkan?makanya para pembaca sebenarnya Bhs Arab itu Hukumnya Wajib Untuk dipelajari biar kita Bisa Memahami islam Dengan Kaffah karena dia merupakan Alatnya,ini nga Belajar Bahasa Arab harus Dipakasa masuknya senin kamis pula ,padahal dah ada yang digratisin(Silahkan tersinggung Bagi yang Meras,he,he ).
Terus apa doanya?
Doa qunut itu ada macam2 ,tergantung Momennya,oleh sebab itu Nabi tidak mengerjakan Qunut dengan Satu do’a yang tertentu tergantung kebutuhanya,maka tentulah tidak terlarang kita berqunut dengan do’a yang kita atur sendiri kemudian diterjemahkan ke bahasa Arab.dulu Rasulullah pernah berqunut dg do’a ini
قال ابو هريرة : بينما النبي ص يصلى العشاء إذ قال سمع الله لمن حمده ثم فال: اللهم نج الوليد بن الواليد ، اللهم نج المستضعفين من المؤمنين اللهم اشددوطأتك على مضر اللهم اجعلها عليهم سنين كسني يوسف.
Telah berkata Abu huroiroh: nabi solat isya lantas ia berkata
Sami”allahuliman hamidahu kemudian ia berkata Yaa Allah selamatkanlah waliid bin waliid ,selamatkan orang2 yang lemah dari golongan Mukmin ,dan Kerakanlah tindasanmu atas kaum mudhor,jadikanlah TindasanMu Atas mereka itu sebagaiman tahun2 kepayahan Yusuf.
Kalau Kita berdo’a untuk Falestina bisa Seperti ini:
اللهم عليك بإسرائيل و اليهود و الصهاينة و حلفائهم .ثلاث مرات.
اللهم كسر جمهعم و شتت شملهم و دمر ديارهم و فرق بين كلماتهم و مزقهم شر ممزق. اللهم احم بلاد فلسطين واحم أهلها من الشيوخ، و النساء و الأطفال. و احم مسجد الأقصى. اللهم انصر الإسلام و المسلمين في كل مكان. إنك أنت سميع الدعاء.إنك قدير على ما
تشاء.

Allahumma Alaika Biisroiil wal Yahuud Wahulafaihim (Yaa Allah Binasakan Israel,dan Bangsa Yahudi,serta Konco konconya)3x
Allahumma Kassir Jam’ahum,Wasyatit Syamlahum,wadammair Diyaarohum(Yaa Allah Pecahkan Kumpulan Mereka,Dan cerai beraikanlah Kesatuan Mereka Dan Hancurkan Rumah2 Mereka).
Allahumma Farriq Baina kalimatihim wamazziqhum Syarro Mumazzaq( Yaa Allah Pisahkan mereka diantara pasukan2 mereka sendiri,dan cabik cabiklah Mereka dengan Cabikan Yang dahsyat)
Allahummah mi bilada lebnan wa bilada falestin( Yaa Allah lindungilah negara libanon Dan Falestin).
Allahummahmi ahlahaa minasyuyukh Wanisa’walatfaal( Yaa Allah lindungilah Rakyatnya Terutama para Orang2 yang Tua Renta,para wanita,para anak2 kecil yang tak Berdosa).
Allahummahmi masjidal Aqsoo( yaa Allah Lindungilah Masjidil Aqsoo)

Allahummansur Islam Wal Muslimiin fikulli makan ( Yaa Allah Tolonglah Islam Dan Kaum muslimin Di seluruh Tempat).
Allahumma Innaka Qodirun ’Ala maa Tasyaak.( Yaa Allah engkau Mampu Atas Apa yang Engkau kehendaki).
Dan Masih banyak Doa2 yang lainya.
Ini adalah Qunut Nazilah.
Terus gimana dong yang Qunut Subuh itu?
Ada kok Dalilnya ni dia jangan asal tuduh aja,,,kalau ini bid’ah( Sabar dong buk nga usah esmosi,he,he,)
قال انس : ان النبي ص قنت شهرا يدعو على قاتلي أصحابه ببئر معونة ثم ترك ، فأما الصبح فلم يزل يقنت حتى فارق الدنيا( الحاكم ).
Telah berkata Anas : bahwasanya Nabi pernah Qunut sebulan ,ia mintakan kecelakaan atas pembunuh2 sahabat2nya ditelaga ma’unah kemudian ia tinggalkan .adapun Subuh maka Rasulullah tetap kerjakan sampai Meninggal Dunia( hakim )
Tapi Hadis ini ternyata lemah dan hadis dhoif itu gak bisa untuk Landasan Dalam ibadah yang Menyangkut dengan Yang asli, ni dia ada hadis lagi
فال انس كان القنوت قي المغرب و الفجر
Rasulullah dulu pernah Qunut Diwaktu Pagi dan Maghrib.( bukhori )
Hadis ini memang Sohih dan riwayat ini menerangkan bahwa nabi waktu mengerjakan qunut sebulan itu Ada diwaktu subuh dan Magrib.
Dan Nabipun Qunut di semua Sholat seperti dihadis yang Diatas TAdi…
“Jika ada aktivis qunut Mengatakan inikan Ijtihad dalam Fiqih” yah maU qunut subuh apa nga? Yah nga masalah toh kalau emang ijtihadnya sesuai Dengan Alquran dan hadis bukan sesuai dengan nenek moyang,yah nga papa toh dalam ijtihad itu salah dapat 1 pahala dan benar dapat 2 .
Nah Inilah qunut,Setiap orang Punya Pendapat Masing2 Tapi Pendapat yang harus kita Ikuti itu Adalah Yang Bersumber dari ALQUran Dan HAdiS SHOhih.Dan yang terpenting kita ibadah itu harus contoh Nabi sholatpun harus ngikuti Nabi sebagaimana dihadisNya Shollu kama raiatumuuni Usholii ( sholatlah kamu Sebagaimana kamu melihat saya Sholat),artinya bukan sholatlah kamu sebagaimana saya Baca usholli,he,he,kita bisa melihat nabi itu ketika kita baca hadis2nya.bukan kita ngikuti adat kebiasaan,nenek moyang kita,atau bi’ah kita.nantinya kalau seperti itu kita seperti orang2 kafir yang amalanya seperti FATAMORGANA,kita dah kepedeaan aja amalan kita banyak,eh nga taunya kagak ketrimah karena nga memenuhi syarat2nya.NAuudzubillah min dzalik.
Nah Jihad Kita adalah selain membantu dengan harta kita juga harus Qunut NAzilah,Jihad kita HAfalin tuh Doanya….
QUNUTLAH KALIAN SEBELUM KALIAN DIQUNUTKAN
KARENA KITA TIDAK TAU SAMPAI KAPAN ALLAH MEMBERI RASA AMAN KEPADA KITA?
SEBAGAIMANA FIRMANYA” WATILKALAYYAMU NUDAWILUHA BAINANAS(itulah hari2 yang akan kami putar diantara Manusia)untuk menguji keimanan kita.
Wallahu a’lam bissowab.
Arja Kesuma
Sleman 4 Januari 09.
KetikA Lagi nunggu waktu untuk safar ke jakarta......

Tidak ada komentar: